About (IN)

English Version

MELALUI KERJA-KERJANYA, SAMSARA SELALU MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI BERBASIS HAK, PARTISIPASI ANAK MUDA, LAYANAN RAMAH REMAJA, KESETARAAN GENDER, AKUNTABILITAS, TRANSPARASI DAN SPIRITUALITAS.

Awal mulanya hanya berupa blog yang ditulis dan dikelola oleh Inna Hudaya pada tahun 2007. Seiring dengan waktu dan dengan permintaan banyak perempuan, blog ini memperluas fungsinya sebagai sumber dan dukungan untuk perempuan yang mengalami Kehamilan Tidak Direncanakan di mana perempuan dapat berbagi cerita dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kehamilan dan aborsi mereka. Setahun kemudian, 20 April 2008 di Jakarta, Inna Hudaya berkolaborasi dengan Kikie Nikujuluw dan Grace Clarissa Susetyo memulai inisiatif untuk membangun Samsara.

Samsara adalah organisasi berbasis hak yang mempromosikan dan mendukung akses pendidikan dan informasi seputar Hak Kesehatan Seksualitas dan Reproduksi (HKSR), , terutama aborsi aman. Kampanye Samsara  bertujuan untuk memperjuangkan aborsi aman sebagai bagian integral dari SRHR yang terkait dengan agenda tujuan pembangunan milenium paska 2015.

VISI DAN MISI

Visi Samsara adalah untuk menciptakan dunia yang lebih terbuka tanpa diskriminasi dan penghakiman di mana hak-hak seksual dan reproduksi semua orang sepenuhnya diakui karena Samsara mengakui dan menghormati otonomi tubuh setiap orang. Dalam mengejar visi ini, misi Samsara adalah untuk mempromosikan ‘Otonomi Tubuh’ dengan meningkatkan akses ke pendidikan, informasi dan konseling tentang hak seksualitas dan kesehatan reproduksi. Serta melakukan advokasi untuk informasi dan akses aborsi aman, karena kami percaya bahwa perempuan memiliki hak dan kewenangan untuk membuat keputusan atas tubuhnya sendiri.

TUJUAN

  1. Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu, termasuk (a) Menyediakan akses aborsi aman untuk mengurangi angka kematian ibu, (b) Mempromosikan layanan ramah remaja untuk mencapai akses universal untuk kesehatan reproduksi. (C) Meningkatkan program konseling aborsi dan mendukung dalam pengembangan dan pendekatan yang inovatif untuk menyasar perempuan  yang paling rentan dengan kehamilan yang tidak diinginkan dan / atau perempuan paska – aborsi.
  2. Mempromosikan Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, termasuk (a) Memberikan kuota untuk perempuan dan transgender dalam struktur organisasi, (b) Mendidik dan memberdayakan perempuan dengan menyediakan akses pendidikan dan informasi Hak Kesehatan Seksualitas dan Reproduksi (HKSR), (c) Memberdayakan semua orang dan mempengaruhi gerakan sosial, memperluas wacana dan memperkuat jaringan pendukung.

PENDEKATAN DAN PRINSIP

Samsara percaya pada kekuatan partisipasi perempuan dan orang-orang muda untuk memastikan keberhasilan misinya. Kesetaraan gender adalah salah satu nilai-nilai Samsara, ini mengapa tim dari Samsara kebanyakan anak muda dan terdiri dari beragam latar belakang budaya, agama, gender dan orientasi seksual. Samsara menempatkan perempuan sebagai pusat layanan. Masukan dari perempuan dan klien diperhitungkan dalam memperluas program. Sejumlah ahli, berkolaborasi dengan Samsara sebagai konsultan, baik dari jaringan lokal, nasional dan internasional. Interaksi dengan ahli-ahli ini adalah  sebagai dukungan bagi organisasi untuk membiarkan orang-orang muda tetap di garis depan. Samsara bebas dari kepentingan pemerintah, ideologi politik, ekonomi atau agama. Juga tidak mendukung atau menentang pemerintahan manapun atau sistem politik. Samsara semata-mata mengurus perlindungan hak-hak perempuan.