Samsara merupakan organisasi yang fokus dan berkomitmen dalam isu kesehatan seksual dan reproduksi serta memperjuangkan otoritas tubuh. 

Samsaranews.com merupakan platform media milik Samsara yang berkomitmen untuk menghadirkan ruang aman serta menjadi sumber informasi dari isu yang menjadi perhatian Samsara. Artikel-artikel yang dibawakan Samsaranews bertemakan feminisme dan hak asasi perempuan;  khususnya isu kesehatan seksual dan reproduksi. Tulisan bisa berupa reportase, cerita, ataupun kajian dengan data dan sumber yang jelas.

Website ini hadir untuk mewujudkan dan menawarkan media alternatif yang menyajikan artikel-artikel serta karya dengan isu yang spesifik, inklusif, sensitif dan tanpa penghakiman.

Kami menerima kiriman tulisan untuk beberapa rubrik, antara lain:

News. Rubrik berita, laporan perjalanan dan laporan pelaksanaan suatu program pemberdayaan perempuan.

Artikel. Dapat berupa kajian ilmiah populer, esai bebas, ataupun riset yang sedang kamu kerjakan. Tulisan dalam rubrik ini dapat berupa tulisan menarik tentang apa saja yang kamu alami kaitannya dengan isu kehamilan tidak direncanakan (KTD), feminisme, gender, hak kesehatan seksual dan reproduksi, serta tentang stigma, terutama yang berkaitan dengan melawan stigma. Tema-tema tersebut bisa berangkat dengan mengangkat isu-isu yang kontekstual.

Popcorner. Tulisan yang membahas tentang dunia pop masa kini, utamanya film, musik dan gaya hidup. Bisa berupa review film, musik, sepatu keluaran terbaru, dan lain sebagainya.

Selain tulisan, kami juga menerima kiriman konten berupa ilustrasi maupun video.

Kami memberi kebebasan untuk menentukan dan mengeksplorasi gaya menulis dan berkarya, sehingga tulisan atau karya dapat bergaya apa saja; mulai dari serius hingga santai dan luwes. Kami menyukai tulisan yang terstruktur yang disertai argumen-argumen yang kuat dan menggugah. Harap diperhatikan bahwa Samsara tidak mentolerir dan memuat segala unsur diskriminasi, rasisme, seksisme dan melanggengkan stigma.

Berminat mengirimkan tulisan, ilustrasi, atau video?

Kirim naskah tulisan, ilustrasi atau video ke email redaksi ke hello@samsara.or.id serta menyertakan CC ke email media@samsara.or.id dengan judul email sesuai nama rubrik dan judul tulisan.

Semua tulisan, ilustrasi atau video yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Kami akan meninjau semua karya yang masuk dan pengirim tulisan akan mendapat pemberitahuan dari kami dalam jangka waktu 2 minggu setelah karya dikirim. 

Jika tulisan atau gambar telah dipublikasikan, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan. Kami menerima tulisan yang sudah dipublikasikan dengan memberi keterangan tentang publikasi sebelumnya dan tidak melanggar hak cipta. Walaupun kami bekerja dengan budget yang ketat namun kami menghargai ide-ide dan karya-karya kamu sehingga akan kami akan memberikan upah bagi setiap karya yang terbit.

Kami menjunjung tinggi pentingnya kerahasiaan dan perlindungan data pribadi semua orang. Kontributor yang mengirimkan karyanya dapat melakukan konfirmasi lebih dulu apakah ingin melampirkan identitas (nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial, foto pribadi dan atribusi/profil singkat) atau dapat juga memakai nama anonim/nama pena/alias dari kontributor karena kami juga tetap menghormati privasi kontributor dalam media digital. Kami hanya menggunakan identitas kontributor untuk keperluan administrasi seperti pembayaran insentif kepada kontributor, maupun pencantuman nama kontributor di tiap karya tulisannya di Samsaranews.