Saya terlambat haid, What should i do?

Jika anda terlambat haid, segera lakukan tes kehamilan untuk meyakinkan apakah anda hamil atau tidak, sehingga anda dapat memutuskan apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Semakin cepat anda melakukan tes kehamilan, semakin cepat pula anda mengetahui hasilnya sehingga anda tidak perlu merasa khawatir.

Kapan melakukan tes kehamilan ?

Dokter merekomendasikan untuk melakukan tes kehamilan satu hari setelah periode haid terlambat. Jika anda tidak ingat kapan periode haid anda, anda perlu menunggu 3 minggu setelah berhubungan seks ( tanpa kontrasepsi/kondom ) untuk melakukan tes kehamilan.
Jika anda memutuskan untuk melakukan tes kehamilan, pastikan bahwa anda siap menerima hasilnya. Lebih baik lagi bila ada seseorang di samping anda yang dapat memberikan dukungan emosional pada saat anda melakukan tes kehamilan.

Tes Kehamilan di Rumah

Berbagai alat tes kehamilan tersedia dan dapat dibeli di berbagai apotik dan swalayan di dekat anda. Tidak perlu menggunakan tes kehamilan yang mahal, beberapa alat tes kehamilan yang murah dapat memberikan hasil yang memuaskan selama anda memastikan cara penggunaannya tepat.

Bagaimana Caranya melakukan Tes Kehamilan di Rumah?

Tes ini biasanya dilakukan di pagi hari pada kencing pertama. Beberapa tes dapat dilakukan kapan saja, namun biasanya alat tes kehamilan ini harganya cukup mahal.

Yang perlu anda lakukan adalah kencing pada batang alat tes, atau mencelupkan batang alat tes kedalam sample urin anda. Hasilnya akan memakan waktu beberapa menit.

Ketika melakukan tes kehamilan ini, hasilnya mungkin saja tidak akurat. Bisa terjadi hasil yang palsu, baik itu negatif ataupun positif.

Hasil negatif palsu biasanya disebabkan oleh :

  • Tes kehamilan yang terlalu awal.¬†
  • Hasil ini yang paling banyak terjadi, karena hormon yang menunjukan bahwa anda hamil belum terdeteksi.
  • Penggunaan tes yang salah. Pastikan anda membaca instruksi pada kemasan alat tes dan mengikuti instruksi tersebut.

 Hasil postif palsu biasanya diakibatkan oleh :

 

  • A ‘chemical pregnancy’.Pada dasarnya ini adalah keguguran awal yang biasanya tidak disadari oleh banyak wanita. Biasanya anda akan kembali mengalami periode haid yang normal.
  • Obat-obatan. Ada beberapa obat-obatan yang mengandung hormone kehamilan yang dapat memberi pengaruh hasil positif dalam tes kehamilan, misalnya jika anda dalam perawatan infertilitas. Jika anda tidak yakin, tanyakan pada dokter.
  • Penggunaan tes yang salah. Pastikan anda membaca instruksi pada kemasan alat tes dan mengikuti instruksi tersebut.

 

14362668_615758695264355_6293239921597804911_o

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s