Halo bidan-bidan di Yogyakarta dan sekitarnya..

Kali ini Samsara hadir dengan program Pelatihan Bidan untuk penanganan perdarahan pasca persalinan dan keguguran. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para bidan di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kenapa perlu pelatihan ini?

Pada tahun 2035, diperkirakan adanya kekurangan jumlah tenaga ahli layanan kesehatan yang terampil sebanyak 12,9 juta orang secara global. Data dari Menteri Kesehatan menunjukkan bahwa di Indonesia, jumlah bidan 4 kali lebih banyak dari dokter, dan 25,6 kali lebih banyak dari dokter spesialis kebidanan/kandungan (obgyn).

Kurangnya penyedia layanan yang terlatih, hambatan-hambatan dari kebijakan dan regulasi, stigma, atau keberatan hati nurani dinilai dapat membatasi ketersediaan penyedia layanan aborsi aman dan asuhan pasca aborsi dalam beragam konteks (Panduan Peran Tenaga Kerja Kesehatan dalam Penyediaan Layanan Aborsi Aman dan Kontrasepsi Pasca Aborsi – Badan Kesehatan Dunia, 2015).

Oleh karena itu, bidan memegang peran penting di barisan depan, mengingat bidan bekerja secara langsung dengan perempuan dan tersebar di berbagai tempat, bahkan di wilayah pedesaan.

Dengan meningkatkan kemampuan bidan melalui pelatihan tentang Penanganan Medis untuk Perdarahan Pasca Persalinan dan Keguguran, diharapkan dapat menurunkan Angka Kematian Ibu, khususnya untuk perempuan dalam kemiskinan, perempuan yang belum menikah, dan perempuan yang tinggal di pedesaan.

Anda tertarik? Ini persyaratan:

  • Minimal lulusan D3 Akademi Kebidanan
  • Usia 21-35 tahun
  • Berdomisili di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya
  • Aktif melakukan praktik kebidanan di rumah sakit, puskesmas maupun praktik mandiri
  • Memiliki pandangan yang positif dalam memberikan layanan untuk perempuan
  • Bersedia mengikuti pelatihan tanggal 17 November 2018
  • Melengkapi [formulir pendaftaran] sebelum  14 November 2018

Jangan lupa bagikan informasi ini ke dalam komunitasmu, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here