Undangan Diskusi Bareng Remaja Kulon Progo Soal Sosial Media dan Hak Kesehatan Reproduksi

130
diskusi kulonprogo

Halo, Kawula Muda Kulon Progo, berapa jam kamu dan remaja seumuranmu menghabiskan waktu untuk instagram-an? Biasanya ngapain aja? Kami, Samsara, organisasi yang fokus pada penyediaan informasi kesehatan seksual dan reproduksi yang ramah remaja mengundang kamu untuk berbagi dan diskusi pengalamanmu bersosial media. Tertarik?

Tapi sebelum itu, mari kita ketahui dulu kenapa kami mengundang kamu untuk bergabung acara ini.

Survei IDN Times 2019 terkait perilaku konsumsi media millennial Indonesia, sebanyak 55 persen mengakses media online, 16 persen mendengarkan radio, 13 persen membaca koran, dan hanya 3 persen yang membaca majalah atau tabloid. Faktanya, selama satu tahun terakhir, lebih dari 10 judul majalah ditutup di Indonesia. Perubahan yang paling dirasa adalah millennial mengakses media secara multi-platform.

Millennial sangat aktif di media sosial, rata-rata mereka memiliki 2 media sosial yang aktif digunakan. Mereka sangat aktif berbagi status maupun mengomentari status orang lain. Beberapa media sosial yang dimiliki dan paling sering digunakan millennial adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. Selain itu,  millennial juga aktif dan nyaman mencari informasi di media sosial ataupun mesin pencari terutama terkait informasi yang menurut mereka paling privat, seperti soal menstruasi dan kondom. Rata-rata pencarian perbulan di Google Search terkait kata kunci menstruasi adalah 22.200.

Angka tersebut belum termasuk kata kunci turunan lainnya seperti: menstruasi tidak teratur, menstruasi terlambat, cara menghitung siklus menstruasi, siklus haid dan fase siklus menstruasi. Sedangkan rata-rata pencarian perbulan terkait kata kunci kondom adalah 201.000. Angka tersebut belum termasuk pencarian terpopuler lainnya dengan kata kunci seperti: tips sebelum menggunakan kondom, contoh pakai kondom tetap hamil, contoh kondom bocor, apakah kondom 100 aman dan memakai kondom menurut islam.

Beragamnya kata kunci pencarian memperlihatkan keakraban millennial dalam menggunakan media digital seperti Google. Dari tingginya arus informasi yang diakses dan keakraban millennial dengan media digital, kami bertujuan merancang informasi terkait kesehatan seksual dan reproduksi yang berbasis media digital dan analisis perilaku online millennial. Perancangan dapat dimulai dari menjaring ide-ide langsung dari para millennial dengan metode kelompok diskusi terarah.

Selain itu, juga dengan mendokumentasikan pengalaman-pengalaman dalam mengakses informasi kesehatan seksual dan dan reproduksi. Kelompok diskusi terarah pada periode ini, Samsara bertujuan menggali ide-ide dan pengalaman-pengalaman tersebut dari kalian semua. Untuk itu kami mengharap teman-teman bisa bergabung.

Siapa saja yang boleh gabung?

Bagi remaja dalam rentang usia 17-24 tahun, yang aktif menggunakan media sosial, dan berdomisili di wilayah Kabupaten Kulon Progo dipersilahkan bergabung. Bagi kamu yang punya waktu luang, silahkan mendaftar lewat instagram (@perkumpulan.samsara), Facebook (Samsara) atau WhatsApp (081242727332).

Kapan dan Di mana?

Catat Tanggalnya ya, Sabtu, 11 Mei 2019. Lokasi diskusi akan diinformasikan lebih lanjut via WhatsApp.

Pendaftaran terakhir pada Kamis 9 Mei 2019. Peserta yang terpilih akan diumumkan pada Jum’at 10 Mei 2019.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here