Pendaftaran Peserta Sekolah Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi (SSKR) di Ternate

57

Halo, Kawula Muda! Tahu ngga nih, kalau Perkumpulan Samsara akan mengadakan Sekolah Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi (SSKR). Tapi, sebelumnya kamu sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan SSKR?

Jadi…

SSKR merupakan salah satu program edukasi yang dilakukan oleh Perkumpulan Samsara untuk mempromosikan hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) untuk anak muda. Program ini pertama kali dilakukan pada tahun 2010 dengan nama Sekolah Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi (SSKR) dimana sebanyak 25 anak muda di Yogyakarta menjadi peserta dan belajar bersama selama dua bulan.

Tahun ini, SSKR akan diselenggarakan kembali dengan konsep, model pendekatan dan wilayah yang berbeda yakni Ternate dan Jayapura. Kedua wilayah tersebut telah menjadi fokus kerja Samsara dalam meningkatkan derajat HKSR setelah dua program lainnya yaitu Satellite Workshop dan Pelatihan Bidan, dilakukan. Melalui kedua program tersebut, tim fasilitator menemukan berbagai persoalan yang berkaitan dari HKSR mulai dari Angka Kematian Ibu, Kehamilan Tidak Direncanakan, aborsi tidak aman hingga perkawinan anak. Berbagai Situasi tersebut terjadi karena minimnya akses, layanan dan informasi terkait HKSR. Informasi yang sangat terbatas tersebut, salah satu dampak dari minimnya kegiatan peningkatan kapasitas terkait HKSR khususnya untuk komunitas/organisasi/jaringan lokal di dua wilayah tersebut .

Apa saja yang akan dibahas?

Berbagai informasi terkait Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi akan dibahas selama SSKR. Beberapa topik tersebut, meliputi:

  1. Konsep dasar seksualitas termasuk definisi dan perbedaan seks, seksualitas, gender, identitas dan ekspresi gender, orientasi seksual, perilaku dan ekspresi seksual serta mitos dan fakta seksualitas.
  2. Kesehatan seksual dan reproduksi akan berbagi informasi terkait anatomi dan fisiologis organ seksual dan reproduksi, Menstrual Hygiene Management (MHM), konsepsi dasar, kontrasepsi, HIV/AIDS, kehamilan tidak direncanakan, dll.
  3. Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi meliputi Hak Asasi Manusia, hak-hak seksual dan hak-hak reproduksi.
  4. Relasi Kuasa dan Seksualitas terdiri dari informasi mengenai hubungan antara seksualitas dan relasi kuasa, ketidakadilan berbasis gender, kekerasan seksual, citra tubuh, relasi sehat serta seksualitas dan disabilitas.
  5. Teknik Fasilitasi menyajikan berbagai informasi terkait pembelajaran orang dewasa, komunikasi efektif, metodologi, menyusun rencana belajar dan praktik fasilitasi.

Kapan dan Di mana?

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 16 hari dalam satu bulan  di Ternate (Maluku Utara), mulai pada tanggal 19 Oktober hingga 10 November 2019.

Siapa saja yang boleh gabung?

Kamu yang berusia 19 – 25 tahun, aktif dalam komunitas/organisasi/jaringan lokal. Pernah mengikuti workshop, diskusi atau pelatihan terkait HKSR sebelumnya, baik yang dilakukan oleh Samsara ataupun organisasi lain. Dan, kamu yang memiliki: 1) Motivasi menjadi seorang fasilitator, 2) Pandangan positif terhadap isu HKSR, 3) Bekomitmen untuk terlibat aktif menginisiasi dan melaksanakan workshop pasca SSKR.

Kamu banget ngga, nih? Yuk, daftarkan dirimu sebelum tanggal 10 Oktober 2019! Gas, isi form berikut: http://bit.ly/form_sskr

Peserta yang lolos akan diumumkan pada 13 Oktober 2019, ya!

Narahubung panitia

Untuk pertanyaan terkait penyelenggaraan kegiatan dapat menghubungi  :

Sartika Nasmar +62-852-4233-7321

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here