Sejarah 28 September

Oleh Bintang

s-logo
Hari Aksi Global Untuk Aborsi Aman dan Legal

28 September akan segera datang! Tanggal ini adalah hari istimewa karena merupakan Hari Aksi Global untuk Aborsi Aman dan Legal. Ditanggal ini, organisasi-organisasi dari seluruh dunia dan individu-individu akan menyelenggarakan aksi demonstrasi, diskusi, pemutaran film dan banyak jenis acara lainnya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat tentang dampak dari aborsi tidak aman dan illegal. Saat ini tim Samsara sedang membuat persiapan kampanye 28 September. Sembari kami mempersiapkan kampanye ini, kami berfikir bahwa akan menjadi hal yang sangat menarik diketahui oleh semua orang untuk melihat ke belakang tentang bagaimana sejarah perjuangan ini dilahirkan.

Kampanye Global 28 September dilahirkan pada saat WGNRR (Women’s Global Network for Reproductive Rights) bergabung dalam Kampanye Amerika Latin dan Karibia untuk menghentikan kriminalisasi terhadap aborsi di tahun 2011.

Kampanye Amerika Latin dan Karibia untuk menghentikan kriminalisasi terhadap aborsi sudah menyelenggarakan hari aksi 28 September untuk akses aborsi aman dan legal di Amerika Latin sejak tahun 1990. 28 September dipilih sebagai tanggal untuk kampanye dalam rangka memperingati dua instrumen hukum yang berperan dalam mengakhiri perbudakan di Brazil. Hukum pertama adalah UU Rio Branco, hukum ini disahkan pada 28 September 1871, dan membebaskan semua anak yang lahir dari orangtua budak. Hukum kedua adalah UU Saraiva-Cotegipe, disahkan pada 28 September 1885, yang membebaskan budak ketika mereka mencapai usia 60 tahun. Perbudakan secara resmi dihapuskan di Brasil pada tahun 1888. Dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun terakhir, perempuan di Amerika Latin dan Karibia telah memulai mobilisasi kampanye untuk aborsi aman dan legal di dan disekitar tanggal 28 September. Kampanye ini menyerukan untuk kebebasan rahim, hak perempuan untuk diakui sebagai orang yang setara yang memiliki hak dan otoritas atas tubuh mereka sendiri. Dari aksi perjuangan inilah kemudian dikenal sebagai hari “rahim yang bebas”.

Pada tahun 2011, 28 September telah menjadi peristiwa global dan hari ini menjadi salah satu dari dua kampanye penting yang dimulai dan diorganisir oleh WGNRR. Tahun ini, organisasi-organisasi dan individu-individu di seluruh dunia akan berdiri bersama dalam solidaritas perjuangan hak dan akses untuk aborsi aman dan legal di negara masing-masing dan di seluruh dunia. Samsara bangga untuk mengorganisir dan menjadi bagian dari kampanye ini di Yogyakarta! Informasi lebih lanjut tentang hal ini akan kami up-date minggu depan.

Rangkuman kegiatan Samsara pada kampanye 28 September 2012

  • Siaran di radio lokal berkaitan dengan kampanye 28 September.
  • Berkolaborasi dengan komunitas seni di Jogjakarta membuat kampanye poster dan mural dengan tema aborsi aman dan legal.
  • Kampanye aborsi aman dan legal melalui video.

Untuk lebih lengkap tentang kampanye 28 September yang dilakukan oleh Samsara pada tahun 2012, silahkan cek website ini: http://www.september28.org/samsara-2/.

Untuk informasi 28 September 2013, silahkan kunjungi website berikut ini:

https://www.facebook.com/WGNRR
https://twitter.com/WGNRR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s