Rangkaian Acara Kampanye 28 September Hari Aksi Global untuk Aborsi yang Aman dan Legal Samsara

Oleh: Joseph Ryan Korbarri

Kampanye Global 28 September dilahirkan pada saat WGNRR (Women’s Global Network for Reproductive Rights) bergabung dalam Kampanye Amerika Latin dan Karibia untuk menghentikan kriminalisasi terhadap aborsi di tahun 2011. Kampanye Amerika Latin dan Karibia tersebut sudah mulai mempromosikan penghentian kriminalisasi terhadap aborsi dan akses aborsi aman dan legal sejak tahun 1990 di Amerika Latin.

Kampanye ini menyerukan tentang kebebasan rahim, hak perempuan untuk diakui sebagai orang yang setara yang memiliki hak dan otoritas atas tubuh mereka sendiri. Dari aksi perjuangan inilah kemudian dikenal sebagai hari “rahim yang merdeka”. Tahun 2013 ini Samsara melakukan rangkaian aksi dalam rangka memperingati kampanye 28 September di Yogyakarta. antara lain:

Kampanye Social Media
Samsara akan melakukan kampanye di Social media bekerja sama dengan partner lokal, nasional, regional, dan internasional seperti WGNRR, ASAP, dll

2.Kampanye Virtual Mural

Virtual mural adalah kumpulan foto mural tentang isu yang dibawa di kampanye 28 september yang akan menjadi media kampanye hak untuk mendapatkan aborsi yang aman dan legal. Samsara bekerjasama dengan WGNRR akan mengumpulkan foto atau gambar mural tentang kampanye 28 September kepada lembaga jaringan dan personal dalam skala nasional. gambar bisa dicetak di banner, ditulis pada sebuah kertas atau ditempel dinding.
Jaringan atau personal dapat membuat foto mural dengan melengkapi kalimat ini:
“Aborsi harus legal di Indonesia karena_________________”
*Setiap orang, lembaga, atau negara punya alasan berbeda kenapa aborsi harus legal. maka penting untuk mu menyampaikan alasannya di dalam kalimat ini.
Foto-foto mural paling lambat dikumpulkan sebelum tanggal 25 September 2013 ke alamat: Samsara.advokasi@gmail.com dengan subjek email: Foto Kampanye Virtual Mural_(nama organisasi/nama person, dan asal). Foto-foto yang sudah masuk akan digunakan sebagai media campaign di media sosial dan di kompilasi menjadi sebuah video yang akan di launching setelah tanggal 28 September dan diunggah di beberapa situs di Internet. serta akan digabungkan dalam kampanye internasional dengan Negara-negara lain.

3. Flashmob It’s My Circle
It’s My Circle (lingkaran) diambil dari filosofi Os atau mulut rahim. Perempuan sebagai pemilik tubuh, terutama pemilik rahim adalah penentu otoritas atas tubuhnya. Pada faktanya, tubuh dan seksualitas perempuan dikontrol oleh negara, agama dan budaya. Lingkaran disini juga berarti adalah permasalahan kehamilan tidak direncanakan adalah menjadi persoalan bersama, bisa dialami oleh siapa saja. Bisa jadi ibu, guru, adik, anak, pacar atau sahabat perempuan kita. Ketika terjadi kehamilan tidak direncanakan dibutuhkan akses aborsi aman dan legal sebagai salah satu pilihan perempuan.
It’s My Circle adalah kampanye positif untuk mengklaim hak reproduksi perempuan, dalam hal ini hak reproduksi perempuan untuk menentukan dengan siapa dan kapan membentuk relasi, menentukan jumlah dan jarak antar kelahiran.
Flashmob dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan untuk melakukan suatu aksi dalam waktu yang pendek dan cepat. Pada tahun 2011, flashmob It’s My Circle berhasil dilaksanakan pada acara the 6th Asia Pacific SRHR Conference di Yogyakarta dan diikuti sekitar 150 orang. Massa Flash Mob diatur melalui komunitas online, webblog, newsgroup, e-mail surat berantai atau melalui telepon.
Dalam flashmob ini, sekelompok orang akan melakukan freeze selama beberapa menit dan bergandengan tangan membentuk lingkaran di ruang publik. Tiap peserta akan menggunakan kaos Its My Circle atau kaos putih. Berkaitan dengan informasi format, tempat dan waktu akan diberikan melalui email/sms/telepon pada saat peserta telah mengkonfirmasi partisipasi.
Cp kontak : IMC Team
Email : itsmycircle@gmail.com

4. Art Project
Berkolaborasi dan mengundang komunitas seni untuk merespon isu aborsi dan hari aksi global aborsi aman dan legal dengan media apapun di ruang publik.
Email : tiasetiyani@gmail.com
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di:
Samsara: 0274 – 6686120
Facebook: Samsara yk
Twitter: @samsar4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s