Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Kekerasan Seksual

Di Indonesia saat ini perempuan dan anak – anak masuk dalam kategori rawan terhadap kekerasan seksual, baik di dunia maya maupun nyata.

Psikolog Riza Wahyuni mengatakan agar terhindar dari pelaku kekerasan seksual, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tips pertama adalah bersikap bijak dalam menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter dan Blackberry Messenger serta tidak mudah menerima telepon atau sms dari orang yang tidak dikenal.

Menurut Riza, seharusnya kita menjaga privasi, terutama dalam memasang foto di media sosial. Karena selama ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan foto – foto tersebut untuk hal yang tidak semestinya.

Riza juga menyarankan, jika kita bepergian atau berada di jalanan yang sepi harus lebih berhati – hati serta mempersiapkan alat pertahanan diri seperti semprotan merika. “Usahakan jangan sendiri dan harus punya peralatan untuk pertahanan diri sendiri, serta menghindari jalan yang sepi,” terangnya.

Sementara itu, bagi mereka yang masih pacaran, Riza meminta agar perempuan tidak mudah percaya dengan pacar, terutama soal janji manis.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah usahakan memesan makanan dan minuman selalu berdua atau bersama-sama. Ini penting untuk menjaga dari segala sesuatu yang tidak diinginkan.

“Ada beberapa kasus yang terjadi, minuman atau makanan, diberi sesuatu sehingga membuat perempuan atau anak – anak menjadi lebih bergairah atau ada perubahan dalam dirinya,” kata Riza.

Riza menambahkan, hal terpenting lainnya yang harus dilakukan adalah tetap berkomunikasi dengan orang terdekat terutama keluarga. Melalui komunikasi inilah, peluang terjadinya kekerasan seksual bisa diminimalkan.

Sementara itu, berdasarkan data yang di dapat, sepanjang tahun 2015, ada 15 perempuan korban kekerasan seksual yang mendapatkan pendampingan dari Riza. Usia mereka mulai dari 13 hingga 17 tahun.

“Mereka adalah dampingan saya pribadi. Kalau untuk data lengkap seperti Surabaya, bisa menghubungi pihak terkait,” pungkasnya.

Penulis : Yovinus Guntur

Editor : Wita Ayodhyaputri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s