Samsaranews – Menjalani hubungan jarak jauh atau yang akrab disebut long distance relationship (LDR) memang menjadi tantangan tersendiri. Banyak yang sukses menjalani LDR namun tak sedikit pula yang relasinya berakhir karena harus menjalani relasi jarak jauh. Sabtu, 23 Juli 2016.

C. Wijoyo Adinugroho, M.Psi psikolog sekaligus dosen di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, yang akrab di sapa Adi mengungkapkan beberapa kunci sukses dalam menjalani hubungan jarak jauh. Berikut beberapa kunci sukses menjalani hubungan jarak jauh yang diungkapkan Adi melalui sambungan telfon kepada redaksi samsaranews.com.

1. Trust atau kepercayaan

Menurut Adi suatu hubungan tak akan berjalan baik jika tak ada kepercayaan antara dua orang yang sedang menjalani relasi, entah itu relasi suami istri atau relasi pacaran. “ Suatu hubungan tanpa trust ya udah gak usah aja, karena harus ada kepercayaan satu sama lain. Harus membangun kepercayaan karena biasanya yang menghancurkan hubungan itu mencurigai satu sama lain karena jauh tho.”

2. Komitmen.

Kunci sukses menjalani relasi jarak jauh selain kepercayaan, menurut Adi adalah komitmen. “Komitmen pada apa, pada kesepakatan yang sudah dibuat diawal membangun relasi atau hubungan. Entah itu hubungan pacaran atau suami istri.”

3. Komunikasi.

Selain kepercayaan dan komitmen, kunci terakhir dan juga yang terpenting dalam menjalani relasi adalah komunikasi. “Jadi sering – seringlah berkomunikasi lewat media apapun. Komunikasi tidak selalu berarti laporan kamu dimana, dengan siapa, bukan begitu, tetapi mengungkapkan perasaan seperti aku kangen, aku pingin ketemu, bagaimana kabarmu. Yang dikomunikasikan lebih pada suasana emosional yang mana isi komunikasi itu diharapkan semakin membangun komitmen lalu semakin meningkatkan trust.”

Adi menambahkan, jika sudah menerapkan tiga hal tersebut, diharapkan relasi jarak jauh bukan menjadi penghalang bagi siapapun untuk meraih impian atau cita – citanya. Sebab relasi yang sehat seharusnya dapat memberi semangat bagi seseorang untuk meraih impian dan masa depannya.

Penulis : Wita Ayodhyaputri

13770432_590984631075095_6924292785873528554_n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here