Gerak 28 September 2019

29

Gerak Bersama
Dukung Pilihan Perempuan atas Tubuhnya

Bulan September adalah bulan penting bagi gerakan perempuan dimana tuntutan akan kebebasan rahim disuarakan di seluruh dunia sehingga tanggal 28 September dipilih menjadi Hari Aborsi Aman Internasional. Bila menilik konteks Indonesia tentang aborsi, aturan hukum membolehkan dengan pembatasan hanya untuk menyelamatkan nyawa ibu maupun korban perkosaan saja. Pemenuhan aborsi sebagai bagian dari kesehatan seksual dan reproduksi (tema kampanye Global 28 September 2019 : Abortion is Healthcare) semakin menjadi mitos karena aborsi masih tabu dibicarakan.

Stigma tentang aborsi masih begitu kuat serta budaya patriarki yang masih menyalahkan perempuan dan korban. Bulan September bertepatan pula dengan peristiwa yang masih hangat kita ingat yaitu, penolakan yang meluas dari masyarakat sipil dan mahasiswa terhadap Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUKUHP) Indonesia di bulan September ini. Penolakan tersebut berdasarkan banyaknya pasal-pasal bermasalah dalam RUKUHP yang dapat menyasar tiap orang yang tidak bersalah, dan lagi-lagi mengkriminalisasi perempuan yang melakukan aborsi.

Berbagai kondisi tersebut menjadikan perempuan Indonesia tidak dapat berdaulat atas tubuhnya. Berangkat dari keprihatinan dan kegelisahan semua jaringan dan individu yang mendukung kedaulatan tubuh dan perempuan maka Gerak 28 September lahir untuk menyuarakan dukungan terhadap pilihan perempuan khususnya di Indonesia. Gerakan ini mendapatkan animo positif dengan banyaknya jaringan yang bergabung dan membuat serangkaian agenda untuk mengupas dan membicarakan tentang hak kesehatan seksual dan reproduksi, pilihan perempuan dan otonomi tubuh. Tentu kami berharap bahwa Gerak 28 September tidak hanya menjadi selebrasi saja, namun juga menjadi gerakan yang meluas untuk dukungan terhadap pilihan perempuan, dan pembebasan rahim dari belenggu.

Kamu bisa menyimak rincian kegiatan kami pada 28 September 2019 dalam Newsletter yang kami tautkan. Selain itu, ada Zine yang bisa kamu baca juga. Silakan diunduh:
1. Zine
2. Newsletter (BAHASA)

Sampai Jumpa di Gerak 28 September selanjutnya,
Mari Gerak Bersama!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here