WhatsApp adalah salah satu dari banyaknya pilihan media sosial yang sangat populer untuk digunakan hingga hari ini. Faktanya, selain instagram, WhatsApp juga diakuisisi oleh facebook pada tahun 2014. Dan tentu saja akuisisi ini berujung pada hengkangnya Brian Acton dan Jan Koum sebagai pendiri WhatsApp. Sebab, tiga tahun setelahnya, Facebook memaksa ingin menyebarkan iklan dengan pola targeted ads ke pengguna WhatsApp. Hal ini bertentangan dengan pendirian WhatsApp yang sejak awal menolak keberadaan iklan pada platformnya. Pada saat skandal Cambridge Analytica, yang mencederai privasi pengguna Facebook mencuat, Acton mendukung gerakan #DeleteFacebook melalui akun Twitternya, yang notabene menjadi platform pesaing dari Facebook.

Untuk keamanannya sendiri, WhatsApp dengan end-to-end encryptionnya dalam chatting yang dilakukan dua orang penggunanya dapat dikategorikan aman. Tetapi, persepsi “aman” akan menjadi hal yang dipertanyakan jika kita membicarakan WhatsApp untuk fitur Group-nya. Tentu kita tidak asing dengan beberapa Grup WhatsApp yang ada pada handphone kita, ada grup kelas, kuliah, keluarga, dll. Tetapi, kita jarang untuk melakukan analisis lebih dalam terkait hal tersebut.

Cobalah untuk membuat satu grup pada whatsapp yang bisa berisi 6 ataupun 7 orang di dalamnya. Sepakati bersama sebelumnya bahwa kalian dan 6 orang lainnya pada grup tersebut akan membicarakan satu topik utama, contohnya mungkin kontrakan rumah murah di daerah jogja. Jika sudah dilakukan dan percakapan yang cukup panjang di grup telah selesai, kalian dapat melihat akan muncul iklan terkait rumah kontrakan di daerah jogja di facebook kalian, dan jika beruntung akan muncul juga pada iklan berupa instastory di instagram kalian.

Dengan kondisi seperti ini, sangatlah penting jika mempertimbangkan kembali setiap hal yang kita bagikan pada sosial media, khususnya WhatsApp. Berikut adalah tips-tips keamanan pada whatsapp yang dapat kalian lakukan :

  • Gunakan WhatsApp Resmi

Jika kalian akrab dengan aplikasi-aplikasi mod, atau aplikasi tidak resmi yang telah dimodifikasi dan biasanya dilakukan pencarian dengan kata kunci “mod apk”, seperti spotify mod yang dapat kalian gunakan untuk mendengarkan lagu dalam fitur premium tanpa perlu berlangganan. Ataupun whatsapp mod, yang kalian gunakan dan install agar fitur telepon pada whatsapp dapat dinonaktifkan kegunaannya, atau bahkan agar kalian dapat melakukan kustomisasi pada pemberitahuan terakhir dilihat dalam whatsapp? Jangan pernah lakukan jika tidak ingin handphonemu disusupi trojan. Karena pada faktanya, aplikasi-aplikasi tidak resmi dengan fitur mod seperti inilah yang memiliki potensi besar mengandung trojan. 

  • Gunakan autentikasi dua faktor dan aktifkan notifikasi keamanan

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor, dapat dilakukan pada menu “Akun” → “Verifikasi dua langkah”. Sedangkan notifikasi keamanan, dapat kalian aktifkan pada menu “Akun” → ”Keamanan”. Hal ini berguna untuk mengamankan akses pada Whatsapp, dimana verifikasi dua langkah sebagai layer keamanan tambahan, dan aktifnya notifikasi keamanan akan memberi pemberitahuan ketika kode keamanan enkripsi telah berubah.

  • Aktifkan opsi enkripsi data pada obrolan

Untuk mengaktifkan opsi ini, kalian masuk ke profil salah satu kontak di WhatsApp kalian, lalu pilih Enkripsi. Dan lakukan pemindaian pada kode keamanan yang ditampilkan, baik itu dari kalian maupun sebaliknya. Opsi ini sangat penting jika percakapan terkait pin atm, password, dll.

  • Hindari mengakses WhatsApp Web melalui perangkat yang digunakan lebih dari satu orang

Hal ini penting untuk menghindari peretasan WhatsApp yang terjadi atas kelalaian pengguna. Jika mengakses WhatsApp melalui Web, pastikan WhatsApp telah dikeluarkan dari web dan pastikan kembali bahwa tidak ada pengaksesan dari browser di menu WhatsApp Web pada mobile. Dan jika mengakses WhatsApp Web dengan WiFi Publik, pastikan anda menggunakan VPN yang terpercaya, untuk VPN gratis kalian dapat menggunakan RiseupVPN ataupun Surfshark.

  • Aktifkan privasi grup pada WhatsApp

Hal ini penting untuk diaktifkan agar kalian tidak dapat masuk ke grup whatsapp yang diundang oleh orang lain kecuali kalian terima undangan bergabung pada grup tersebut, opsi ini ada pada “Akun” → “Privasi” → “Grup” → “Kontak saya”.

Seperti itulah tips keamanan pada whatsapp yang dapat kalian terapkan, terkait pertanyaan “adakah alternatif aplikasi yang lebih aman dibandingkan whatsapp?” ada, dan beberapa aplikasi yang disarankan dapat kalian unduh serta install adalah Signal ataupun Telegram.

Fibonacci
Author: Fibonacci

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here