Area genital menjadi area yang cukup sensitif dari beberapa bagian tubuh kita. Tentunya, banyak hal yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kebersihan area genital tersebut. Dalam artikel ini kita akan sama-sama belajar tentang cara menjaga kebersihan area genital dengan benar untuk vagina dan penis. 

Vagina yang sehat secara alami mempunyai kadar asam dan mengandung bakteri baik (lactobacilli) yang berfungsi untuk mencegah infeksi dan mempertahankan tingkah pH-nya. Vagina mempunyai kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan sabun pembersih. Dalam jumlah kecil vagina akan mengeluarkan cairan untuk menjaga kondisinya tetap bersih, sebagaimana air liur membersihkan mulut. Pemilihan produk pembersih yang tidak tepat karena adanya perbedaan pH justru bisa memicu infeksi bakteri pada vagina. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menjaga kebersihan vagina:

  • Bersihkan vagina dengan air dan tangan bersih, tidak perlu menggunakan waslap, tissue atau kain apapun secara berkala terlebih setelah buang air, dan berhubungan seksual terutama jika menggunakan pelumas.
  • Menggosok vagina dari arah atas ke bawah secara lembut dan perlahan.
  • Tidak perlu menggunakan produk pembersih apapun seperti gel, antiseptik, vaginal douche maupun sabun karena bisa menghilangkan bakteri baik yang ada di vagina. 
  • Saat menstruasi, jika menggunakan produk sekali pakai bisa menggunakan pembalut dan tampon tanpa pewangi serta mengganti setidaknya 2-3 kali sehari.
  • Jika menggunakan menstruasi cup (cangkir menstruasi), bisa mencucinya dengan sabun hypoallergenic dan mensterilkan dengan air mendidih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here