Sama halnya seperti vagina, penis bukan hanya alat reproduksi tetapi juga merupakan alat untuk keluarnya urin. Maka dari itu penis juga perlu diperhatikan kebersihannya. Berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan dalam menjaga kebersihan penis:

  • Bersihkan penis dengan air dan tangan yang bersih, tidak perlu menggunakan waslap, tissue atau kain apapun secara berkala terlebih setelah buang air, dan berhubungan seksual terutama jika menggunakan pelumas.
  • Menggosok penis dari atas ke bawah secara lembut dan perlahan. Untuk penis yang tidak disunat disarankan menarik kulup saat buang air kecil untuk mencegah infeksi dan bau busuk.
  • Sebenarnya tidak perlu menggunakan produk pembersih apapun. Jika memilih menggunakan sabun, hindari penggunaan sabun dengan parfum.

Baik vagina maupun penis, jika saat berhubungan menggunakan pelumas (lubricant) bisa mempertimbangkan untuk memilih pelumas dengan water-based agar saat dicuci mudah hilang dan tidak meninggalkan residu. Teman-teman juga silakan memperhatikan dan mendiskusikan terkait jenis kondom yang akan digunakan dengan pasangannya. Kemudian, pemilihan celana dalam dengan bahan katun sangat disarankan. Ini agar dengan mudah menyerap keringat serta menjaga kelembaban area genitalnya dan jangan lupa mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari. Dalam bercukur pun, sebaiknya memang tidak mencukur habis bulu kemaluan, karena bisa menghilangkan fungsinya sebagai penyaring kotoran. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here